Kampung Tangguh Digalakkan Pemdes Wongkai Satu

Eiler Antou

BERITA, DESA – Membentuk kampung tangguh pangan guna peningkatan perekonomian masyarakat, digalakkan. Perwujudannya, dana desa menjadi penyuport program pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kampung tangguh.

Seperti halnya di Desa Wongkai Satu Ratahan Timur, pengelolaan dana desa difokuskan untuk padat karya tunai untuk peningkatan ekonomi masyarakat, bidang kesehatan serta pendidikan.

“Kita akan fokus ke beberapa bidang termasuk pertanian. Mulai dari pemberian pupuk untuk penanaman jagung, kacang hijau dan bahan pangan yakni rempah-rempah, ketimun, kacang tanah serta tanaman holtikultura lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Hukum Tua Desa Wongkai Satu Eiler Antou, Senin (22/2).

Menurut dia, selain itu penerapannya juga akan dikelola oleh pihak PKK dan kelompok masyarakat yang ada di jaga-jaga. “Ini akan dikelola oleh kelompok masyarakat yang ada di jaga-jaga. Dan dananya berasal dari dana desa,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya kini tengah bekerja sama dengan instansi teknis di pemerintah kabupaten dalam mewujudkan kampung tangguh dimaksud. “Tangguh bencana, melaksanakan mitigasi bencana, program pelatihan tentang cara menghadapi bencana. Ini bekerjasama dengan BPBD Mitra,” bebernya.

“Yang paling penting juga berkaitan dengan upaya pemerintah desa dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Kedepannya, masyarakat diharapkan untuk memberikan dukungan terhadap program pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Selain itu, pemanfaatan posko tangguh juga semakin dimaksimalkan dengan terus memberikan sosialisasi sekaligus edukasi kepada masyarakat ini,” sambung Antou .

(Tommy Polandos)

Jadi yang Pertama Berkomentar